BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebelum
berlangsungnya proses pembelajaran sebaiknya Guru mempersiapkan perencanaan
pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sangat diperlukan guna membantu Guru
dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien, salah satunya adalah
program tahunan. Program tahunan yang harus dipersiapkan dalam suatu lembaga
pendidikan untuk memetakan alokasi waktu dalam setiap kompetensi yang
dibelajarkan selama satu tahun. Program tahunan yaitu berisikan garis-garis
besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam tahun
tersebut.
B. Rumusan Masalah
Rumusan
masalah yang dapat diambil berdasarkan latar belakang diatas adalah sebagai
berikut:
1. Apa
program tahunan itu?
2. Apa
fungsi serta tujuan program tahunan?
3. Bagaimana
cara menyusun program tahunan?
C. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka makalah ini bertujuan sebagai berikut:
1. Untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah perencanaan pembelajaran
2. Untuk
memahami pengertian, fungsi serta tujuan program tahunan
3. Untuk
mengetahi bagaimana cara menyusun program tahunan
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Program Tahunan
Dalam
pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan program
tahunan tersebut. Program tahunan merupakan bagian dari program pengajaran.
Program tahunan memuat alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan dalam satu
tahun pelajaran.[1] Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk
mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan
agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai
oleh sisiwa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran
sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus
dikuasai oleh siswa.[2] Program
tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).
Program
Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi
tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan
oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan
dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester,
mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian
komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata
pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi
waktu dan keterangan. Program Tahunan merupakan program umum setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang
bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata
pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedoman bagi pengembangan
program-program berikutnya.[3]
B. Fungsi dan
Tujuan Program Tahunan
Program
tahunan berfungsi sebagai pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya,
yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem
penilaian. Dan menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk
mencapai kompetensi dasar. Sedangkan program tahunan dipersiapkan dan
dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.
C. Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah
yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah
1. Lihat berapa
jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur
kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa minggu
efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam gambar alokasi
waktu efektif
2. Melalaui analisis tersebut kita dapat
menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses
pembelajaran.
3. Menandai
hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu
pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
a)
Jeda tengah
semester
b)
Jeda antar
semester
c)
Libur akhir
tahun pelajara
d)
Hari libur
keagaman
e)
Hari libur
umum termasuk hari-hari besar nasional
f)
Hari libur
khusus
4. Menghitung jumlah
minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam
format matrik yang tersedia.
5. Medistribusikan
olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan
topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri,
tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu
untuk ulangan serta review materi.
Adapun sumber-sumber yang dapat
dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain: Daftar Standard
Kompetensi yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran
(GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan.
D.
CONTOH FORMAT PROGRAM TAHUNAN
Satuan
Pendidikan
: MAN
Mata
Pelajaran
: Qur’an Hadits
Kelas
: X
Tahun
Pelajaran
: 2011/2012
Smt.
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
||
X/I
|
1.
Memahami pengertian
Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
|
6
|
|||
2.
.memahami isi pokok ajaran
al-qur’an
|
4
|
||||
3.
Memahami fungsi al-Qur’an
dalam kehidupan
|
4
|
||||
4.
Memahami cara-cara mencari
surat dan ayat dalam Al-Qur’an
|
2
|
||||
5.
Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi
|
6
|
||||
6.
Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang demokrasi
|
2
|
||||
7.
Ulangan bulanan dan
perbaikan
|
8
|
||||
Jumlah alokasi waktu
|
32
|
||||
X/II
|
1.
Memahami istilah-istilah
Hadits
|
6
|
|||
2.
Memahami sanad dan matan
hadits
|
4
|
||||
3.
Mendeskripsikan fungsi
hadits terhadap Al-Qur’an
|
6
|
||||
4.
.Memahami pembagian hadits
dari segi kuantitas dan kualitasnya
|
4
|
||||
5.
.Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
|
10
|
||||
Jumlah Alokasi Waktu
|
30
|
||||
Padang 26
oktober 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah
Marjohan Hadidi
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Secara garis besar, dapat diartikan bahwa peroram
tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai
tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk
mengembangkan program tahunan adalah:
a.
Lihat berapa
jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur
kurikulum.
b.
Melalaui
analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk
pelaksanan proses pembelajaran.
c.
Menandai
hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu
pembelajaran efektif (per minggu).
d.
Menghitung
jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan
dalam format matrik yang tersedia.
e.
Medistribusikan
olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Drs.Asril,
Zaenal. M. PD. Microteaching Disertai
Dengan Pengalaman Pedoman Lapangan.
PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta:2011.
Drs. Usman, Moh Uzer. Menjadi guru professional. PT. Remaja Rosdakarya.
Bandung : 2010
http://kaduajatodakna.blogspot.com/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html
0 komentar:
Posting Komentar