Kamis, 18 Desember 2014

MAKALAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN


 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Sebelum berlangsungnya proses pembelajaran sebaiknya Guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sangat diperlukan guna membantu Guru dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien, salah satunya adalah program tahunan. Program tahunan yang harus dipersiapkan dalam suatu lembaga pendidikan untuk memetakan alokasi waktu dalam setiap kompetensi yang dibelajarkan selama satu tahun. Program tahunan yaitu berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam tahun tersebut.  

B.     Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang dapat diambil berdasarkan latar belakang diatas adalah sebagai berikut:

1.      Apa program tahunan itu?

2.      Apa fungsi serta tujuan program tahunan?

3.      Bagaimana cara menyusun program tahunan?

C.    Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka makalah ini bertujuan sebagai berikut:

1.      Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah perencanaan pembelajaran

2.      Untuk memahami pengertian, fungsi serta tujuan program tahunan

3.      Untuk mengetahi bagaimana cara menyusun program tahunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Program Tahunan

Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan program tahunan tersebut. Program tahunan merupakan bagian dari program pengajaran. Program tahunan memuat alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan dalam satu tahun pelajaran.[1] Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.[2] Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan. Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.[3]

B.     Fungsi dan Tujuan Program Tahunan

Program tahunan berfungsi sebagai pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian. Dan menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar. Sedangkan program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.

C.    Langkah Penyusunan Program tahunan

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah

1.      Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam gambar alokasi waktu efektif

2.       Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.

3.      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:

a)      Jeda tengah semester

b)      Jeda antar semester

c)      Libur akhir tahun pelajara

d)     Hari libur keagaman

e)      Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional

f)       Hari libur khusus

4.      Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.

5.      Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

 

Adapun sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain: Daftar Standard Kompetensi yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan.

 

 

 

 

 

D.     CONTOH FORMAT PROGRAM TAHUNAN

 

Satuan Pendidikan                      : MAN

Mata Pelajaran                            : Qur’an Hadits

Kelas                                             : X

Tahun Pelajaran                         : 2011/2012

 

Smt.
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu
Ket
X/I
1.      Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
6
2.      .memahami isi pokok ajaran al-qur’an
4
3.      Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
4
4.      Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
2
5.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi
6
6.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
2
7.      Ulangan bulanan dan perbaikan
8
           Jumlah alokasi waktu
32
X/II
1.      Memahami istilah-istilah Hadits
6
2.      Memahami sanad dan matan hadits
4
3.      Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
6
4.      .Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
4
5.      .Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
10
Jumlah Alokasi Waktu
30

Padang 26 oktober 2011

Mengetahui,

Kepala sekolah

 

Marjohan Hadidi

 

 

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Secara garis besar, dapat diartikan bahwa peroram tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah:

a.       Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum.

b.      Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.

c.       Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu).

d.      Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.

e.       Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs.Asril, Zaenal. M. PD. Microteaching Disertai Dengan Pengalaman Pedoman Lapangan.

 PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta:2011.

Drs. Usman, Moh Uzer. Menjadi guru professional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung : 2010

http://kaduajatodakna.blogspot.com/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html



[1] Drs. Moh. Uzer Usman.2010.Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, hal: 54
[2] http://kaduajatodakna.blogspot.com/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html
[3] http://wajahdara.wordpress.com/2010/12/20/pengertian-prosem-dan-prota/
 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates